Macam-macam Zaman Praaksara secara Geologis

Hallo sobat semuanya dimanapun anda berada. Kali ini diblogku Ilmu Sosial aku akan kasih ilmu kepada kalian tentang 4 macam zaman pada masa praaksara secara geologis. Perkembangan kehidupan masa praaksara dapat diketahui melalui periodisasi atau pembabakan zaman praaksara. 

Sebelum adanya kehidupan, bumi mengalami beberapa perubahan. Pada awalnya bumi dalam keadaan panas dan pijar. Pada masa itu tidak ada satu pun makhluk yang hidup pada masa itu. Selanjutnya, bumi mulai mendingin dan terbentuklah kerak atau kulit bumi. Seiring mendinginnya suhu bumi, kehidupan makhluk hidup mulai muncul.

Ilustrasi gambar Bumi yang kita tempati

Proses perubahan bumi terbagai atas beberapa fase atau zaman. Tiap-tiap fase perubahan bumi memerlukan waktu yang lama hingga jutaan tahun. Menurut ahli geologi, sejarah perkembangan bumi terbagi menjadi empat zaman berikut.

1. Zaman Azoikum
Zaman azoikum berasal dari kata a yang berarti tidak, dan zoon yang berarti hidup. Zaman azoikum merupakan zaman ketika bumi masih sangat panas sehingga belum memungkinkan adanya tanda-tanda kehidupan. Zaman ini dibagi menjadi dua, yaitu archaikum dan pracambrium. Periode ini terjadi sekitar 2.500 juta tahun yang lalu. Pada masa ini hanya terdapat binatang-binatang yang belum memiliki tulang.

2. Zaman Paleozoikum
Zaman paleozoikum berasal dari kata paleos yang berarti purba atau tua. Zaman paleozoikum merupakan zaman ketika dibumi terdapat kehidupan makhluk yang pertama atau tua. Periode ini terjadi sekitar 340 juta tahun yang lalu. Zaman ini terbagi menjadi beberapa zaman seperti, cambrium (mulai ada kehidupan primitif), silur (mulai ada kehidupan hewan bertulang belakang tua), devon (mulai ada kehidupan binantang jenis amfibi tertua), carbon (mulai ada hewan yang merayap) dan pern (mulai ada hewana darat).

3. Zaman Mesozoikum
Zaman mesozoikum berasal dari kata meso yang berarti pertengahan. Zaman mesozoikum merupakan zaman pertengahan. Periode ini terjadi sekira 140 juta tahun yang lalu. Kehidupan bumi pada zaman ini mulai berkembang. Kondisi tersebut ditandai dengan munculnya hewan reptil besar seperti dinosaurus dan atlantosaurus, ikan-ikan besar, dan beberapa binantang menyusui. Periode ini dibagi lagi menjadi trias (terdapat kehidupan ikan, amfibi, reptil), jura (terdapat reptil sebangsa katak), dan calcium (terdapat burung pertama, dan tumbuhan berbunga).

Dinosaurus merupakan makhluk hidup pada zaman mesozoikum

4. Zaman Neozoikum atau Kenozoikum
Zaman neozoikum atau kenozoikum berarti zaman baru atau muda. Periode ini terjadi sekitar  60 juta tahun yang lalu. Zaman neozoikum dibagi menjadi dua zaman, yaitu zaman tersier dan kuarter.

  • Zaman tersier, jenis-jenis reptil mulai punah dan banyal ditemukan binatang yang menyusui. Contohnya jenis gajah purba (mammuthus), beberapa kera seperti gorila dan orang utan.
  • Zaman kuarter, zaman ini adalah awal dari kehidupan manusia pertama dimuka bumi. Yaitu zaman ditemukannya ketika Homo sapiens mulai hidup.
Demikian, penjelasan ini dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sekian terima kasih.


EmoticonEmoticon