Apa Itu Masa Praaksara

Hallo sobat semuanya. Kali ini diblogku Ilmu Sosial aku akan menjelaskan tentang pengertian masa praaksara. Kehidupan manusia dimuka bumi telah ada sejak jutaan tahun yang lalu. Sejak saat itu kehidupan manusia terus berkembang. Dari waktu ke waktu kehidupan manusia mengalami perkembangan ke arah yang lebih maju dari sebelumnya. Kehidupan manusia di bumi diawali dari masa sebelum mengenal tulisan. Masa tersebut biasa disebut sebagai masa praaksara. Untuk mengenal masa praaksara lebih jauh, simak penjelasan berikut.

Masa praaksara merupakan periode dalam kehidupan manusia ketika manusia belum mengenal tulisan. Pra berarti sebelum dan aksara berarti tulisan. Zaman praaksara juga dikenal dengan zaman nirleka. Nirleka berasal dari kata nir yang berarti tidak dan leka yang berarti tulisan. Berarti zaman yang tidak ada tulisan. Jadi, masa praaksara atau zaman nirleka berarti zaman ketika manusia belum atau tidak mengenal tulisan.


Masa praaksara berlangsung sejak manusia belum mengenal tulisan hingga mulai mengenal tulisan. Mengapa tulisan menjadi pembatas masa praaksara ? Aksara atau tulisan  atau tulisan merupakan hasil kebudayaan manusia. Aksara digunakan untuk berkomunikasi dan menyimpan informasi. Manusia yang telah mengenal tulisan biasanya meninggalkan catatan-catatan tertulis kepada generasi selanjutnya. Catatan tersebut dapat berupa batu tertulis (prasasti) atau naskah-naskah kuno. Melalui catatan tersebut, generasi penerus dapat mengetahui kehidupan manusia pada zaman dahulu. Dengan demikian, perkembangan tulisan menjadi faktor penting untuk mengetahui suatu peradaban.

Berakhirnya masa praaksara di setiap daerah berbeda-berbeda. Bangsa Mesopotamia saja mulai mengenal tulisan sekitar tahun 3.000 sebelum Masehi. Dapat disimpulkan bahwa bangsa Mesopotamia telah meninggalkan masa praaksara sekitar tahun 3.000 sebelum Masehi. Lalu, kapan bangsa Indonesia mengenal tulisan ? Masyarakat Indonesia diperkirakan mulai mengenal tulisan pada tahun 400 Masehi. Perkiraan ini didasarkan pada penemuan Yupa (Batu tertulis peninggalan Kerajaan Kutai) di Muarakaman, Kalimantan Timur. Bahasa dan bentuk huruf yang digunakan pada Yupa menunjukkan bahwa prasasti tersebut dibuat sekira tahun 400 Masehi.

Prasasti Yupa, sumber wikipedia

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa, masa praaksara merupakan masa dimana manusia belum mengenal tulisan sehingga masa ini tidak terdapat peninggalan tertulis. Kehidupan manusia pada masa ini dapat dipelajari melalui benda-benda peninggalan manusia yang hidup pada masa itu. Peninggalan itu dapat berupa fosil dan artefak. Dari fosil para ahli mengetahui pertumbuhan fisik makhluk hidup pada masa praaksara. Sementara itu, artefak membantu para ahli memperkirakan perkembangan kehidupan manusia pada masa praaksara.

Demikian penjelasan ini dari saya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih.


EmoticonEmoticon